Dampak Dari Pengaruh Globalisasi Telah Menyeret Akar Budaya Bangsa

Pengaruh globalisasi

Dampak positif dan negatif dari globalisasi - Arus globalisasi sudah tidak terbendung lagi melanda seluruh masyarakat di seluruh penjuru dunia. Arus globalisasi berdampak pada kehidupan setiap manusia yang berpengaruh pada kehidupan social dan budaya sebuah bangsa. Pada perkembangannya arus globalisasi masuk dan dapat dirasakan dikota-kota besar dan seiring berjalannya waktu, arus globalisasi telah sampai dan menyentuh smua penjuru pelosok negeri baik itu dalam bidang teknologi, informasi, komunikasi dan bahkan trasportasi.

Arus globalisasi dianggap sebagai terobosan dan kemajuan besar penyebaran secara cepat dan meluas membawa dampak baik dan buruk. Dampak positif dari arus globalisasi memang perlu untuk kita serap agar tidak ketingalan zaman namun dampak negatiflah yang perlu untuk di hindari. Namun akan sangat sulit nagi seseorang untuk membendungnya yang dapat dilakukan adalah melakukan filter pada diri dari setiap induvidu. Berikut ini adalah beberapa dampak baik dan buruk dari arus globalisasi.

Info Menarik : 

Dampak Positif Globalisasi

Globalisasi telah membawa kita untuk bekerja lebih keras, lebih disiplin terutama dalam bidang waktu. Arus globalisasi telah membentuk jiwa kemandirian dari banyak orang, berfikir rasional, sportif dan masih banyak lagi yang lainnya.

Globalisasi telah mambawa kita kearah teknologi yang membuat kehidupan lebih efektif dan efisien. Dalam segi ekonomi globalisasi menuntut seseorang lebih produktif, efektif dan tentunya factor efisien sangatditrkankan hal ini sangat penting, karena mereka yang tidak dapat melakukan 3 hal yang disebutkan diatas maka mereka tidak akan mampu bertahan ditengah arus globalisasi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa arus globalisasi telah membawa kita kedalam kehidupan yang lebih baik dan lebih cepat, bayangkan pada zaman dahulu untuk mengirimkan sebuah surat membutuhkan waktu berhari-hari bagi kurir untuk menyampaikannya, dengan seiring berkembangnya teknologi hal ini merupakan lompatan besar karena anda dapat menyampaikan sebuah surat dalam hitungan menit dan bahkan detik. Arus globalisasi telah memberikan perubahan besar dalam kehidupan masyarakat, komunikasi, informasi dan transportasi lebih mudah, cepat dan murah.

Dampak negatif globalisasi

Semakin mudah dan murahnya arus informasi dan hiburan yang masuk kedalam suatu wilayah menimbulkan perubahan besar di setiap sendi-sendi kehidupan social budaya. Dan hal ini telah mengerus akar budaya dan berubah dengan budaya baru.

Arus globalisasi telah membawa seseorang menjadi pribadi liberialisme yang melunturkan semangat gotong royong, kepedulian, solidaritas dan kesetiakawanan dalam social.

Semakin banyaknya permintaan akan sesuatu barang yang tinggi menimbulkan makin maraknya penyelundupan baik itu barang ataupun yang lainnya dan termasuk manusia. Mungkin anda sering mendengar istilah Human Trafficking atau perdagangan manusia.

Keiginan untuk selalu mendapatkan keuntungan sering menjadi titik lemah tersendiri, mungkin anda sering melihat sebuah perusahaan dalam negeri lebih tertarik untuk bekerjasama dengan perusahaan luar negeri, hal ini akan dapat menyebabkan kehidupan masyarakat disekitarnya menjadi sulit.

Explorasi sumber daya alam secara besar-besaran telah menyebabkan rusaknya alam, kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh polusi dan limbah yang tidak dikelola dengan baik.

Arus globalisasi telah membawa seseorang menjadi lebih mementingkan dirinya sendiri atau induvidualisme selain itu arus globalisasi terkadang membuat seseorang lebih mementingkan kehidupan duniawi dengan mengabaikan norma-norma yang ada dimasyarakat baik itu norma kesopanan serta norma agama.

Bagi mereka yang tidak berhati-hati, arus globalisasi telah membawa seseorang menjadi lebih boros karena status seseorang kini lebih di nilai berdasarkan kekayaan yang dimiliki.

Arus globalisasi telah membawa kemajuan besar dalam bidang teknologi dan informasi namun arus globalisasi juga telah menyerat akar kehidupan sosial dan budaya sebuah bangsa.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url