10 Kesalahan SEO Webmaster Teratas Dan Cara Menghindarinya

Kesalahan SEO Webmaster

Salah satu kesalahpahaman terbesar dengan webmaster baru adalah Anda perlu menyewa "ahli" dalam SEO untuk mencapai peringkat tinggi. Search Engine Optimization (SEO) bukanlah ilmu roket. Anda tidak memerlukan gelar atau doktor di bidang TI atau pemasaran untuk menerapkan teknik SEO yang efektif. Namun, ada beberapa kesalahan pemula yang dibuat oleh banyak webmaster baru. Panduan ini berfokus pada kesalahan ini dan menjelaskan cara menghindarinya.


Kesalahan # 1 - Analisis Kata Kunci Buruk (atau non-Analisis)

Kesalahan: Anda telah menemukan ceruk untuk situs web yang mengisi kekosongan yang telah hilang secara online selama bertahun-tahun. Anda membangun situs web Anda dan mengisinya dengan semua jenis konten unik yang hebat dan akhirnya meluncurkannya ke dunia! Lalu lintas mulai lambat ... dan tetap seperti itu selama beberapa bulan dan Anda bingung mengapa orang tidak menemukan situs Anda.

Kenyataan: Anda telah meluncurkan situs web Anda terlalu cepat, tanpa melakukan analisis kata kunci yang tepat. Analisis kata kunci adalah proses menganalisis kata kunci yang paling banyak dicari pengguna mesin pencari yang paling cocok dengan niche Anda. Sasarannya adalah menargetkan kata kunci yang mendapatkan penelusuran paling banyak dan memiliki jumlah persaingan paling ringan. Sebelum Anda meluncurkan situs web Anda (atau bahkan menulis konten), analisis kata kunci yang tepat adalah suatu keharusan! Anda disarankan untuk membuka akun dengan Wordtracker dan memulai kampanye kata kunci Anda hari ini. Word Tracker akan memungkinkan Anda untuk melihat berapa kali kata kunci dicari di salah satu mesin pencari utama dan akan memberikan laporan tentang daya saing kata kunci tersebut. Dengan beberapa analisis kata kunci yang cerdas, Anda dapat memperluas jangkauan situs web Anda dengan memusatkan perhatian pada kata kunci niche dan non-kompetitif tersebut.


Kesalahan # 2 - Memasukkan Kata Kunci

Kesalahan: Sebagai pemula yang terlalu bersemangat, Anda telah membaca berbagai utas dan panduan yang menyatakan pentingnya kata kunci yang sangat bertarget yang muncul di Halaman Web Anda. Dalam upaya untuk mendapatkan peringkat tinggi untuk frase kata kunci tertentu, Anda menempatkannya beberapa lusin kali di seluruh teks Anda. Pada saat Anda selesai dengan isian kata kunci agresif Anda, Anda akan mendapatkan halaman yang memiliki kepadatan 40% + kata kunci Anda yang akan disukai oleh mesin pencari. Anda dengan bangga menepuk punggung Anda dan memberikan "atta boy!" untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik!

The Reality: Selamat! Anda baru saja membuat halaman yang tidak masuk akal dan menerapkan teknik pemasaran topi hitam yang dikenal sebagai penjejalan kata kunci pada saat yang bersamaan! Pengisian kata kunci, bagi mereka yang mungkin tidak menyadarinya, terjadi ketika tag meta halaman web dan konten dimuat dengan kata kunci atau frase kata kunci tertentu secara berulang-ulang. Praktik ini tidak hanya menghasilkan halaman yang tidak dapat dibaca oleh manusia, tetapi juga menimbulkan tanda bahaya bagi mesin pencari. Penjejalan kata kunci dapat membuat Anda mendapatkan Penempatan Hasil Mesin Pencari (SERP) yang lebih tinggi dalam jangka pendek, tetapi itu hanya akan membuat situs Anda mendapat reputasi buruk dengan pengguna dalam jangka panjang. Itu bahkan dapat membuat situs Anda dihukum atau (lebih buruk lagi) dilarang dari mesin pencari.


Kesalahan # 3 - Meta Data Identik Untuk Setiap Halaman

Kesalahan: Anda membuat halaman rumah dan mengisi tag data META Anda dengan beberapa kata kunci yang bagus dan deskripsi kata yang sangat bagus yang juga ramah mesin pencari. Halaman muka Anda berfungsi sebagai template, jadi Anda hanya menyebarkan konten yang sama dari header ke setiap halaman baru yang Anda terapkan tanpa pernah mengubah konten tag META agar sesuai dengan konten halaman baru.

Kenyataan: Dengan menerapkan informasi META yang sama ke setiap halaman di situs web Anda, Anda melakukan tindakan merugikan yang besar bagi diri Anda sendiri! Terlepas dari apa yang dipikirkan beberapa orang, tag META dan deskripsi META tetap penting! Untuk setiap halaman di situs Anda, Anda harus memiliki sekumpulan kata kunci META baru dan deskripsi META baru yang relevan dengan konten halaman baru. Dengan melakukan ini, Anda mengoptimalkan potensi LEBIH BANYAK klik ke situs web Anda karena pengguna yang mencari informasi dapat membuka halaman ini sebagai hasil dari pembaruan META Anda.


Kesalahan # 4 - Menggunakan Gambar di Tempat Teks

Kesalahan: Wow! Gambar-gambar yang baru saja dibuat oleh desainer web Anda memang terlihat cantik! Jauh lebih cantik dari teks lama biasa!

Kenyataan: Ya, mereka memang terlihat cantik dan saya yakin perancang web Anda melakukan pekerjaan yang bagus pada mereka. Mereka juga berhasil kehilangan Anda calon pelanggan pada saat yang sama, jadi pastikan untuk mengirimi mereka surat terima kasih yang bagus. Kenyataannya adalah bahwa gambar di tempat teks adalah praktik yang buruk dan yang benar-benar perlu Anda hindari. Konten situs web Anda memainkan peran yang sangat besar dalam menentukan seberapa baik situs web Anda akan ditempatkan di SERPS. Laba-laba memang pintar, tetapi mereka tidak dapat membaca teks yang terdapat dalam gambar. Dengan menempatkan teks dalam gambar, Anda mungkin kehilangan halaman yang diindeks dan kehilangan beberapa jumlah kata kunci. Ini akan kehilangan lalu lintas potensial Anda, belum lagi bahwa gambar memuat jauh lebih lambat daripada teks murni (dan Anda mungkin harus membayar deisgner web Anda setiap kali Anda memiliki kebutuhan perubahan teks). Anda akan mengetahui bahwa Anda dapat memperoleh tampilan yang hampir sama dan mengurangi waktu muat dengan menerapkan lembar gaya. Desainer web bagus dalam apa yang mereka lakukan, tetapi seringkali ketergantungan mereka pada gambar yang mencolok bisa sangat merugikan situs web Anda.


Kesalahan # 5 - Teks Jangkar URL Tidak Pantas

The Mistake: Mencoba untuk menarik perhatian pengguna di situs Anda, Anda menggunakan font 24point berwajah tebal dan keren dengan kata-kata "KLIK DI SINI !!!" (dan untuk efek tambahan Anda menggunakan gaya kedip). Ya ... itu akan menarik perhatian mereka!

Kenyataan: Selain fakta bahwa Anda baru saja mendapatkan perhatian NEGATIF ​​(bicara tentang norak), Anda juga berhasil membuat tautan yang 100% tidak relevan dengan menyediakan teks tautan sampah! Tautan internal penting untuk SEO yang tepat, dan menyediakan teks tautan yang relevan membuat semua perbedaan. Alih-alih menggunakan teks tautan yang bertuliskan "Klik di sini" atau "klik saya", berikan teks yang relevan dengan yang menjelaskan halaman tujuan tautan. Misalnya, saat menautkan ke halaman dukungan pelanggan internal Anda ingin menghindari pengaturan teks tautan Anda sebagai "Klik di sini untuk dukungan pelanggan". Pengaturan yang tepat adalah "Kunjungi halaman dukungan pelanggan kami jika Anda memiliki pertanyaan." Pada contoh kedua Anda telah membuat teks tautan yang relevan untuk tautan dan meningkatkan keterbacaan pada saat yang bersamaan. Laba-laba mesin pencari akan menyukai Anda karenanya!


Kesalahan # 6 - Mengharapkan Keajaiban

The Mistake: Bisnis online sedang booming dan potensinya tidak terbatas karena semakin banyak pengguna yang melompat ke jalan raya informasi super setiap hari. Dalam upaya untuk mendapatkan uang dan menghasilkan uang dengan sangat mudah, Anda buru-buru membuat beberapa situs web dengan sedikit konten dan tidak banyak substansi. Anda mengangkat kaki dan duduk dan menunggu uang tunai mulai mengalir saat orang berduyun-duyun ke situs Anda!

Kenyataan: Seandainya semudah itu ... kita semua akan menjadi jutawan! Saya yakin kebanyakan orang pernah mendengar kutipan film "jika Anda membangunnya, mereka akan datang". Nah, itu pasti TIDAK berlaku untuk situs web online. Kenyataan sederhananya adalah bahwa orang tidak hanya akan tersandung pada situs web Anda. Bahkan jika Anda telah melakukan banyak analisis kata kunci dan menerapkan SEO yang tepat ke halaman web Anda, kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan lalu lintas yang substansial. Anda harus menjadi webmaster satu bagian, satu bagian penjual, dan satu bagian ahli pemasaran untuk berhasil dalam bisnis online. Anggap saja seperti ini. Jika Anda kehilangan pekerjaan baru-baru ini dan duduk di rumah Anda dan tidak pernah mengirimkan resume Anda, tidak pernah melakukan wawancara, dan tidak pernah memasarkan diri sendiri ... apakah Anda benar-benar berpikir telepon Anda akan berdering dengan tawaran pekerjaan? Anda perlu memasuki pasar, mempromosikan diri Anda sebagai yang terbaik di bidang Anda, dan membaca dengan teliti setiap kemungkinan peluang yang disajikan kepada Anda. Sama halnya dengan bisnis online.


Kesalahan # 7 - Mengabaikan Pentingnya Tautan

Kesalahan: Anda telah menyiapkan situs web Anda dan telah mendapatkan lalu lintas yang layak berkat kampanye pemasaran berbayar dan pemasaran offline Anda. Beberapa webmaster dengan situs pesaing mengirim email kepada Anda dan meminta pertukaran tautan atau menawarkan tautan satu arah (mungkin sebagai imbalan untuk menulis artikel untuk situs mereka). Duduk di atas kuda Anda, Anda menolaknya. Lagi pula, mengapa Anda ingin membantu pesaing?

Kenyataan: Ini adalah kesalahan besar. Dengan tidak berpartisipasi dalam pertukaran tautan (atau yang lebih penting, mengamankan tautan satu arah), bukan pesaing Anda yang akan dirugikan, melainkan diri Anda sendiri! Komponen yang sangat berat dalam algoritme mesin telusur dalam menentukan peringkat mesin telusur adalah jumlah tautan situs web yang mengarah ke sana. Pikirkan setiap tautan sebagai suara dukungan. Karena situs web Anda memperoleh lebih banyak suara, tingkat popularitasnya dianggap lebih tinggi oleh mesin pencari. Tentu saja, tidak semua pertukaran tautan atau tautan satu arah bisa bagus. Anda perlu memastikan untuk memilih mitra tautan Anda berdasarkan relevansi dengan kategori situs web Anda sendiri. Misalnya, jika situs web Anda didedikasikan untuk game PC World of Warcraft, Anda tidak ingin menautkan ke situs web yang menjual sepatu wanita. Di sisi lain, jika seorang webmaster mendekati Anda untuk bertukar tautan ke situs webnya yang memberikan petunjuk dan tip untuk game PC, maka itu akan menjadi tautan yang sangat relevan. Tautan satu arah mungkin yang paling sulit didapat karena sangat sedikit webmaster yang bersedia memberikan tautan keluar tanpa mendapatkan imbalan, terutama situs web yang memiliki PageRank tinggi. Untuk mendapatkan tautan satu arah, Anda memiliki beberapa opsi. Yang pertama adalah membayarnya. Saat membayar untuk tautan satu arah, disarankan agar Anda hanya mengejar mereka yang memiliki PageRank (PR) tinggi karena mereka akan berbobot lebih berat daripada mereka dengan PR rendah. Pilihan lainnya adalah mendaftar untuk layanan direktori tautan satu arah seperti Tautan Langsung Gratis. Dua pilihan kuat lainnya adalah menulis artikel dan siaran pers dan kemudian mengirimkannya ke artikel dan direktori siaran pers.


kesalahan # 8 - Tidak Mengisi Halaman Dengan Konten Yang Cukup Relevan

Kesalahan: Menulis konten bisa sangat memakan waktu dan tugas nyata ketika Anda sudah menyeimbangkan pekerjaan penuh waktu dan keluarga di atas situs web Anda. Karena jumlah halaman di situs memiliki korelasi langsung dengan bobot yang Anda peroleh di SERP, Anda menambahkan beberapa lusin halaman dengan hanya beberapa kalimat yang kaya kata kunci untuk setiap halaman dan kemudian memasukkan satu atau dua gambar untuk mengisi ruang kosong. .

Kenyataan: Nah, hal baiknya adalah Anda telah membuat beberapa halaman bertarget kata kunci di situs Anda daripada memasukkan semuanya ke dalam satu halaman. Itu kabar baiknya. Sekarang kabar buruknya. Dengan hanya menambahkan beberapa kalimat ke setiap halaman, Anda menghilangkan peluang untuk diambil di mesin pencari dan memberikan nilai yang sangat kecil bagi pengguna Anda pada saat yang bersamaan. Lebih baik memiliki beberapa halaman dengan konten berkualitas tinggi daripada banyak halaman dengan sedikit atau tanpa konten. Ini benar-benar masalah kualitas vs. kuantitas. Saran terbaik adalah memastikan setiap halaman berisi minimal 250 kata. Dengan menambahkan lebih banyak kata, Anda dapat meningkatkan kepadatan kata kunci dan juga menyediakan sesuatu yang berharga untuk dibaca pengguna.


Kesalahan # 9 - Tidak Membuat atau Memperbarui Peta Situs

Kesalahan: Peta Situs sangat menyebalkan. Mereka tidak hanya membutuhkan pembaruan konstan setiap kali halaman baru diperbarui, tetapi mereka juga terlihat sangat jelek dan tidak menawarkan banyak nilai kepada pengguna Anda! Peta situs hanya membuang-buang waktu.

Realitas: Peta Situs adalah cetak biru situs web Anda. Tanpa cetak biru ini, spider mesin pencari akan kesulitan merayapi situs Anda. Tujuan Anda adalah agar setiap halaman yang Anda buat diindeks oleh semua crawler mesin pencari. Memberikan peta situs kepada crawler adalah cara mudah untuk memastikan mereka akan meng-crawl setiap halaman di situs Anda (yang disertakan dalam peta situs). Peta Situs juga memberikan kegunaan praktis bagi pengguna Anda dengan menampilkan ikhtisar pohon navigasi situs Anda. Beberapa pengguna lebih suka beralih ke halaman peta situs untuk navigasi cepat karena berbagai halaman tidak tertutup di balik menu yang dapat diciutkan. Dengan sedikit usaha, Anda dapat menampilkan peta situs dengan cara yang menyenangkan bagi pengguna Anda dan mudah dirayapi untuk mesin telusur.


Kesalahan # 10 - Mengubah Nama File atau Menghapus Halaman Situs Web yang Sudah Mapan

The Mistake: Situs Anda telah menjadi kuat selama beberapa tahun. Lalu lintas luar biasa dan akhirnya Anda berada di peringkat 10 teratas di mesin pencari utama. Satu-satunya masalah adalah situs Anda mulai terlihat kuno dan Anda ingin membersihkan beberapa konten lama. Anda memutuskan untuk benar-benar membersihkan loteng dan menghapus halaman lama, mengganti nama sebagian besar halaman yang ada, dan mengubah keseluruhan struktur situs secara keseluruhan. Ketika debu mengendap, Anda akan mendapatkan situs web yang rapi dan terorganisir dengan sangat baik dengan nama file yang mudah dibaca.

Kenyataan: Pembersihan itu mungkin baru saja mematikan situs web Anda (setidaknya, untuk jangka pendek). Mungkin salah satu kesalahan terbesar yang dapat dilakukan webmaster adalah menghapus atau mengganti nama Halaman Web yang ada, terutama bila Anda memiliki situs web yang mapan. Apa yang Anda lakukan pada dasarnya adalah menghapus situs web Anda dari mesin pencari. Misalnya, Anda memiliki laman web tentang Perawatan Anak Anjing di situs Anda. Ini adalah halaman lama yang sudah ada sejak situs Anda diluncurkan beberapa tahun yang lalu. Dari pengetahuan Anda, ini adalah halaman yang tidak mendapatkan banyak lalu lintas sehingga Anda memutuskan untuk menghapusnya saat pembersihan. Apa yang baru saja Anda lakukan adalah membuat lubang di situs web Anda. Jika pengguna mencari di bawah Puppy Grooming dan melihat halaman Anda terdaftar (itu masih akan diindeks dan dalam cache mesin pencari) menurut Anda apa yang akan terjadi ketika mereka mengklik link tersebut? Kemungkinan besar mereka akan melihat Kesalahan Halaman 404 yang jelek. Bukan itu yang Anda ingin pengguna lihat. Pengguna membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk menentukan apakah mereka ingin mengunjungi situs Anda sehingga kesan pertama adalah segalanya dalam bisnis ini. Lebih penting lagi, Anda membuang mesin pencari yang menyimpan cache dan mengindeks situs web Anda! Anda berisiko berpindah dari sepuluh penempatan teratas pada beberapa halaman hingga jatuh dari halaman hasil mesin pencari sama sekali. Melakukan pembersihan situs pada halaman yang ada harus menjadi proses yang dipikirkan dengan matang untuk menghindari potensi jebakan.

Daftar ini tidak disusun dengan menarik ide-ide dari udara tipis. Ini didasarkan pada fondasi pengalaman masa lalu oleh beberapa pengembang web profesional. Bagaimanapun, bahkan pengembang web terbaik pun pernah menjadi pemula juga. Dengan membaca tentang potensi jebakan ini, kami berharap Anda akan belajar dari pengalaman orang lain dan tidak membuat kesalahan yang sama.

David adalah konsultan Pemrograman Senior dan pakar SEO dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di industri TI. David saat ini memiliki beberapa situs web yang sukses, termasuk Free Links Direct, layanan SEO gratis yang menyediakan tautan satu arah serta artikel dan tip SEO berkualitas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url